NEWS UPDATE :  

Budi Pekerti Luhur

PPDB SMK N JATENG
PENGUMUMAN UN
Kontak
Alamat :

JL. PATI - TLOGOWUNGU KM 03

Telepon :

02954101721

Email :

info@smknjatengdipati.sch.id smknjatengdipati@gmai

Website :

www.smknjatengdipati.sch.id

Daily Activity SMK Negeri Jawa Tengah

SEKSI BIDANG 2 PEMBINAAN KEPRIBADIAN DAN BUDI PEKERTI LUHUR

SEKSI BIDANG 2

PEMBINAAN KEPRIBADIAN DAN BUDI PEKERTI LUHUR

 

  

  JATI LINGKAR ( JAGA DAN CINTAI LINGKUNGAN SEKITAR )

JATI LINGKAR merupakan salah satu program kerja harian dari sekbid 2 ( Pendidikan Kepribadian dan Budi Pekerti Luhur ) SMK N Jateng di Pati. Proker ini ditujukan untuk seluruh siswa SMK N Jateng di Pati. Kegiatannya berupa melaksanakan pembersihan seluruh lingkungan sekolah yang dilaksanakan setelah makan pagi (06.15 – 06.30) serta pelaksanaan piket gedung utama, gedung F ( Ruang Teori ), Lorong, Asrama, Mushola, dll.

Tujuan dari program kerja ini yaitu :

1.      Membantu terlaksanakannya program tetap sekolah

2.     Meningkatkan kebersihan lingkungan baik luar maupun dalam

3.     Meningkatkan karakter siswa yang cinta akan lingkungan

4.     Serta mencegah terjadinya lingkungan yang kotor dan kumuh.

 Ada pula manfaat dari kebersihan ini pula yaitu :

1.   Terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat.
2. Lingkungan menjadi lebih sejuk.
3. Bebas dari polusi udara.

4. Lebih tenang dalam menjalankan aktifitas sehari hari.

CARA MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN


Menjaga kebersihan harus dimulai dari diri sendiri. Jika semua orang sadar akan pentingnya kebersihan, maka setiap orang juga akan sadar untuk menjaga kebersihan. Nah, berikut ini adalah tips menjaga kebersihan lingkungan:

1.     Memulai kebiasaan untuk membuang sampah di tempatnya, lebih baik lagi jika  dipisah antara yang organik dan anorganik,

2.     Bekerja sama dengan warga lingkungan sekitar untuk melakukan kegiatan bersih lingkungan,

3.     Memperbaiki saluran air agar air tidak mampet dan menggenang,

4.     Menanami lingkungan sekitar dengan pepohonan agar lebih sejuk dan nyaman.


Bagian dan sektor pembersihannya telah ditentukan oleh seksi bidang 2. Yang berupa piket – piket gedung , lalu untuk yang tidak mendapatkan bagian piket gedung saat itu maka, akan di alihkan kepada lingkungan sekitar sekolahan. Siswa melakukan pembersihan berupa menyapu lingkungan, mencabutu rumput, menyirami tanaman, dan lainnya.

Ada beberapa yang berada di rumah sampah  , kegiatannya berupa memilah sampah organik, anaorganik, serta barang  - barang terbuat dari besi, kaca dan barang berbahaya lainnya. Sekolah kami pula memiliki tim Adiwiyata yang membantu program kerja dariseksi bidang 2. Untuk pembersihan pada hari sabtu dan hari minggu berbeda dengan pembersihan pada hari senin-jum’at.

Pada hari sabtu pembersihan akan dilakukan setelah makan dan setelah APEL yang mana pembersihannya terfokus pada 1-2 gedung yang ada di SMK N JATENG. Jadi pada hari sabtu ini seluruh siswa difokuskan untuk membersihkan 1-2 gedung. Hal ini bertujuan agar setiap celah pada gedung tersebut bisa dibersihkan secara maksimal.

Untuk hari minggunya akan diadakan pembersihan total seluruh sekolah yaitu berupa pembersihan lingkungan, pembersihan gedung, pembersihan asrama, serta pembersihan selokan baik besar maupun kecil. Hari minggu inilah pembersihan akan berjalan lebih lama dari hari-hari biasanya. Progam ini bertujuan untuk menciptakan kebiasaan siswa untuk membersihkan dan menjaga lingkungan sekitarnya.

 

 

DUDA RAPIH ( HIDUP DALAM KERAPIHAN )

Kerapian adalah kata benda atau nomina yang merupakan turunan dari kata dasar Rapi. Adapun makna dari kata ‘Kerapian’ adalah perihal rapi atau keapikan. Sedangkan makna dari kata ‘Rapi’ adalah teratur, baik, apik, bersih, tertib dan sebagainya. Rapi juga diartikan serba beres serta menyenangkan (apabila meyangkut pekerjaan) dan tidak asal asalan, sebagaimana mestinya. Turunan lainnya dari kata Rapi adalah merapikan yang merupakan kata kerja dengan makna membereskan, menjadikan rapi dan sebagainya.

DUDA RAPIH merupakan progam kerja dari sekbid 2 yang berupa penegasan pemakaian seragam sekolah sesuai hari lengkap beserta atribut dan ketentuannya . Progam kerja ini ditujukan untuk seluruh siswa SMK N JATENG DI PATI. Tujuan dari progam kerja ini  adalah :

·        Meningkatkan kerapihan dan keindahan siswa dalam berpakaian.

·        Meningkatkan kesadaran siswa dalam merawat barang inventaris.

·        Meningkatkan kekompakan siswa dalam berpakaian.

System dari program kerja ini anatara lain :

·        Pengecekan kerapihan dan kelengkapan seragam setiap pagi hari sebelum APEL pagi oleh setiap ketua kelas atau di cek langsung oleh pamong.

·        Pemakaian atribut dan aksesoris sesuai aturan.

·        Tidak diperbolehkan memakai aksesoris kecuali jam tangan baik saat KBM maupun diluar KBM

·        Garis baju seragam disesuaikan dengan tingkatan kelas dengan jarak 3 jari antar setiap garis.

Selain pemakaian seragam sekolah ada pula pemakaian selain seragam (pemakaian baju sehari-hari). Pakaian selain seragam harus rapih dan sopan sesuai yang ditentukan. Tujuan dari Proker ini yaitu menaati peraturan sekolah sesuai buku saku siswa.

System dari program kerja ini antara lain :

·        Setiap malam wajib menggunakan rok atau celana hitam.

·        Untuk putri dilarang menggunakan pakaian baju lengan pendek saat beraktivitas diluar asrama.

·        Pakaian baju untuk sehari-hari

a.      Malam senin & selasa : pemakaian kemeja putih/ daleman baju pesiar. Untuk putri jilbab coklat.

b.     Malam rabu & kamis : pemakaian baju batik.

c.      Malam jum’at            : Untuk putra menggunakan baju koko , untuk putri menggunakan kemeja putih jilbab hitam.

d.     Malam sabtu & minggu : pemakaian baju berkerah.

 Ket ; pemakaian sepatu menggunakan sepatu olahraga

Kerapihan berpenampilan juga menyangkut tentang rambut. Pemotongan rambut sendiri harus sesuai ketentuan yang telah ada dalam buku saku siswa

·        Ketentuan rambut putra 0-1-3 ukuran alat cukur 

·        Ketentuan rambut putri 3 jari dibawah telinga

Tujuannya berupa menciptakan kerapihan berpenampilan sesuai dengan ketentuan sekolah                                                            

 

 

 

 

 

 

SI DADU ( DISIPLIN DALAM HIDUP )

 

SI DADU adalah progam kerja dari  sekbid 2 yang ditujukan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa . Dalam progam kerja ini kami dari sekbid 2 memfokuskan kedisiplinan siswa pada saat di ruang makan dan di dalam kelas.

Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya merupakan tanggung jawabnya.

Pendisiplinan adalah usaha usaha untuk menanamkan nilai ataupun pemaksaan agar subjek memiliki kemampuan untuk menaati sebuah peraturan. Pendisiplinan bisa jadi menjadi istilah pengganti untuk hukuman ataupun instrumen hukuman di mana hal ini bisa dilakukan pada diri sendiri ataupun pada orang lain.

Manfaat dari sikap disiplin adalah sebagai berikut:

·         Menumbuhkan Kepekaan

·         Menumbuhkan Kepedulian

·         Mengajarkan Keteraturan.

·         Menumbuhkan Ketenangan

·         Menumbuhkan Rasa Percaya Diri.

·         Menumbuhkan Kemandirian.

·         Perkembangan Otak

·         Menumbuhkan Sikap Patuh.

 

Sistem dari progam ini adalah :

1.     Kami dari sekbid 2 akan menunjuk salah seorang siswa untuk dijadikan koordinator dalam ruang makan ( ketua ruang makan ). Kemudian kami bersama ketua ruang makan akan menentukan peraturan-peraturan yang harus ditaati siswa saat berada di ruang makan.

2.     Kami dari seksi bidang 2 telah berkoordinasi dengan pihak sekolah dan para guru untuk menentukan peraturan yang harus ditaati seluruh siswa saat didalam kelas ( saat jam KBM ).

Tujuannya yaitu :

·        Menciptakan suasana ruang makan yang kondusif

·        Meningkatkan kedisiplinan siswa saat makan.

·        Menciptakan ruang kelas yang kondusif.

              

 

TELAGAKU BERAPI ( TEMPAT TINGGALKU NYAMAN, BERSIH DAN RAPIH )

TELAGAKU BERAPI adalah program kerja sekbid 2 yang ditujukan kepada setiap penghuni asrama baik putra maupun putri. Progam kerja ini meliputi pembersihan asrama ( piket asrama ) dan piket serambi ( piket yang ditujukan untuk pengamanan asrama ). Untuk jadwal dari piket asrama dan piket serambi telah ditentukan dari sekbid 2.                                                   

Tujuan dari diadakannya piket asrama antara lain :                                       

1. menciptakan lingkungan asrama yang bersih                                                                          2. belajar gotong royong dengan teman saat pelaksanaan jadwal piket asrama                                      3. adanya rasa tanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan asrama

Selain itu juga diadakan piket serambi, kegiatannya berupa melaksanakan kedisiplinan bangun pagi untuk sholat subuh, memeriksa dan memastikan bahwa penghuni asrama benar-benar sudah turun asrama. Juga melakukan pengawasan asrama agar tidak ada siswa yang naik asrama saat jam KBM.

Kami dari sekbid 2 juga telah berkoordinasi dengan pamong asrama untuk menentukan semua peraturan yang harus ditaati seluruh penghuni asrama baik putra maupun putri.

ALUMNI SMKN JATENG PATI